Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Alasan Kenapa Ada Produk Makanan Minuman yang Dibagikan Gratis Jelang Expired

Budioso.my.id - Suatu hari saat saya tiba di stasiun hendak berangkat bekerja, saya ditawarkan oleh SPG (Sales Promotion Girl) produk sebuah minuman ternama dan ternyata produk itu dibagikan secara gratis. Saya perhatikan setiap calon penumpang kereta KRL Commuter Line yang datang melewati para SPG itu ditawarkan produk tersebut. SPG itu tidak sendirian. Ada beberapa orang dan mereka juga menggunakan booth mini plus roll banner.

Saya amati, produk yang saya terima ternyata sudah hampir mendekati masa kedaluwarsa. Tidak salah memang, tetapi ada hal menarik yang dapat diambil yaitu pelajaran dari produk ini.

Promosi marketing beriklan dengan cara membagikan makanan atau minuman gratis
Promosi marketing beriklan dengan cara membagikan makanan atau minuman gratis

Cara berpromosi dengan mengunakan produk

Itulah intinya. Merek minuman tersebut tidak ingin produknya menjadi terbuang sia-sia karena expired. Jika sudah expired artinya tidak ada lagi yang mau mengkonsumsi minuman tersebut. Hasilnya produk tersebut akan berakhir di pembuangan atau tempat sampah.

Contohnya seperti ini:

 Misal ada satu lusin minuman akan expired maka hanya ada dua pilihan  
  1. Tetap membiarkannya expired dan tidak bisa dikonsumsi lagi.
  2. Membagikannya secara gratis sebagai salah satu cara berpromosi.
Apa keuntungan dari membagikan produk secara gratis?
  • Untuk orang yang sudah tahu merek minuman yang dibagikan maka orang itu akan kembali teringat akan merek minuman tersebut.
  • Untuk orang yang belum tahu merek minuman yang dibagikan akhirnya orang tersebut menjadi tahu bahwa ada merek minuman bernama misal xxx.
  • Dengan membagikannya secara gratis bisa dikatakan itu adalah free sampel. Siapa tahu nantinya orang yang menerima sampel tersebut akan menjadi pembeli produk minuman itu setelah mereka mengetahui rasa dan kualitas dari produknya. 
Jadi, perusahaan yang membagikan minumannya secara gratis itu memutuskan untuk meminimkan cost kerugian dari yang tadinya rugi tanpa manfaat karena expired dan terbuang lalu menggantinya dengan mengalihkan cost atau biaya kerugian tersebut dengan merubahnya menjadi biaya promosi.

Jika anda memiliki produk makanan atau minuman dan ingin mengikuti langkah merek minuman tersebut tentu tidak ada salahnya. Apa yang mesti dipersiapkan?

1. Siapkan Dan Pilah Produk

Dari sejumlah produk yang anda miliki, pilahlah produk mana yang sebentar lagi akan memasuki masa expired. Untuk menjaga reputasi tentu baiknya juga diperhatikan kondisi kemasannya apakah masih bagus atau tidak karena jangan sampai si penerima nanti akan merasa "Sudah mau expired, kemasan barangnya kondisinya jelek lagi,, pantes aja dibagiin gratis".
Tentu berbeda halnya jika barang yang dibagikan walau menjelang expired kondisi kemasannya masih dalam keadaan bagus. Si penerima nantinya akan berpikir "Wah masih bagus banget nih kemasannya gak apa-apa walau mau expired sebentar lagi".

2. Targetkan Lokasi Atau Siapa Penerimanya

Setelah anda pilah dan siapkan produknya, maka tahap selanjutnya anda tentukan di mana lokasi penyebaran produk anda. Apakah di sekolah, apakah di tempat arisan, apakah di acara teman atau tempat dan acara lainnya. Baiknya jika ada sambil membawa x-banner atau roll banner merek atau produk anda sehingga nantinya dapat menarik perhatian orang saat anda membagikannya.

Kesimpulan

Tidak semua merek makanan atau minuman membagikan produknya saat menjelang kedaluwarsa. Ada yang membagikannya dan ada yang tidak. Pengalaman saya waktu bekerja di supermarket, ada juga merek makanan atau minuman yang expired tetap dibuang, dimusnahkan atau dikembalikan ke suplier (tidak dibagikan sebelum expired).

Tidak ada yang keberatan dibagikan barang jelang expired karena pada dasarnya barang atau produk makanan atau minuman yang dibagikan tersebut masih aman, layak, dan bisa dikonsumsi.

Jadi semua kembali kepada anda mengenai produk anda apakah ingin anda bagikan sebagai sarana promosi marketing beriklan atau tetap dibiarkan saja hingga expired.
OPPO Official Store Garansi Resmi
Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com
Dukung saya dalam membuat konten bermanfaat yang dapat Anda berikan melalui donasi via QRIS di bawah ini. Terima kasih

Diskon perabot rumah kursi lemari IKEA