Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keuntungan Membeli Dan Menggunakan Template Blog Berbayar Premium

Saat ini begitu banyak website penyedia template blog mulai dari template blog yang free sampai dengan template blog yang berbayar. Template blog sendiri pembuatnya ada yang berasal dari luar negeri dan juga ada yang berasal dari negara kita sendiri, Indonesia. Kita sebagai user template blog tentu memiliki dua pilihan. Pertama apakah ingin mendownload dan menggunakan template blog yang gratis atau yang kedua memilih membeli dan menggunakan template blog premium yang berbayar.

Lalu sebaiknya pilih template blog yang mana, yang gratis atau berbayar? Apa saja pertimbangannya dalam memilih template blog tersebut?

Kelebihan dan keunggulan membeli dan menggunakan template blog berbayar premium
Perbandingan kelebihan dan kekurangan antara template blog gratis dan berbayar premium

Apa manfaat yang diperoleh jika menggunakan template blog premium?

Berikut ini adalah benefit atau keuntungan yang didapat dari menggunakan template blog premium dan sekaligus perbandingannya dengan template blog versi free / gratis.

1. Selalu Mendapatkan Update

Jika kita menggunakan template blog berbayar, kita akan mendapatkan update terbaru dari si pembuat template blog. Contoh, jika ditemukan bug atau kekurangan di sana sini pada body template maka sang pembuat template blog akan memperbaikinya dan kita sebagai pembeli template blognya akan diinfokan bahwa sudah ada update terbaru yang dapat didownload. Biasanya updatenya berlaku seumur hidup dan template blognya yang kita beli boleh kita digunakan di banyak blog asalkan dengan syarat blog-blog tersebut masih milik kita sendiri.

Apa bedanya dengan template blog gratis? Berbeda dengan blog berbayar, pada versi template blog free atau gratis ini kelemahannya adalah tidak ada update terbarunya.

2. Lebih SEO Friendly

Memang pembuat template blog gratis juga mempertimbangkan aspek SEO saat meluncurkan produk template blognya untuk dibagikan secara gratis. Namun yang menjadi kendala adalah, ketika sewaktu-waktu ada perubahan algoritma dari Google mengenai SEO, maka si pembuat atau penyedia template blog versi gratis biasanya tidak akan mengupdate template blognya menyesuaikan dengan algoritma Google terbaru.

Bagaimana dengan template blog berbayar? Sama seperti poin nomer 1 di atas. Pengguna template blog berbayar selain mendapat update tampilan atau update perbaikan bug, pengguna template blog berbayar juga akan mendapat update struktur SEO yang ada di dalam body template blog yang diupdate mengikuti algoritma Google terbaru.

3. Tidak Perlu Buang Waktu Dan Capek Berganti Template

Jika kita menggunakan template blog gratis dan suatu saat ada alogoritma terbaru dari Google yang mengharuskan di dalam body template blog terdapat struktur SEO terbaru supaya Google friendly, maka mau tidak mau kita harus mengoprek sendiri body template tersebut.

Cerita sedikit mengenai pengalaman menggunakan template blog premium berbayar

Ini yang saya alami beberapa waktu lalu di mana saat itu ada warning dari Google Search Console yang menyatakan blog dan website custom domain saya yang memakai template blog gratis mengalami masalah cakupan hingga breadcrumbs. Eror deh pokoknya.

Apa yang saya lakukan?
  1. Saya mencari metode di internet, saya baca lalu saya praktekkan dengan mengedit kode di dalam HTML template body blog. Setelah kode saya modifikasi lalu saya klik validasi di Google Search Console. Dan apa hasilnya? Progresnya lambat dan beberapa hari kemudian ada pemberitahuan dari Google Search Console bahwa ada blog yang gagal divalidasi.
  2. Saya mencoba mencari template blog gratis terbaru dari penerbit atau pembuat template blog lain. Saya berpikir jika template blog gratis itu adalah keluaran yang terbaru maka sudah pasti sesuai dengan algoritma Google yang terbaru. Kemudian saya putuskan untuk mendownload template blog gratis tersebut lalu saya ganti template blog saya dan saya klik validasi kembali di Google Search Console. Apa hasilnya? Sama saja, lambat prosesnya dan bahkan jumlah pengunjung masih turun (menurun sebelum ganti template yaitu sejak terkena warning cakupan dan breadcrumbs dari Google Search Console).
Apa yang saya dapatkan?
  • Dengan menggunakan template blog gratis saya membuang banyak waktu dalam memikirkan dan mengedit mengedit kode XML / HTML template blog / body blog.
  • Saya membuang waktu karena dengan mengganti template berarti perlu dilakukan juga penyesuaiaan warna dan susunan lainnya agar garis besar tampilannya tetap sama dengan template yang digunakan sebelumnya.
  • Saya membuang banyak waktu dengan searching mencari template lain yang terbaru yang saya pikir jika template terbaru walau gratis pasti SEO di dalam body templatenya sudah sesuai dengan algoritma Google terbaru.
  • Harusnya saya fokus membuat konten, dengan adanya kasus ini saya malah tidak dapat membuat konten sebab banyak waktu yang terbuang.
Apa yang saya putuskan? Dari pada membuang waktu dan tidak dapat membuat konten maka akhirnya saya membeli template blog premium (yang saat ini juga saya gunakan di blog ini).

Bagaimana hasilnya setelah saya menggunakan template berbayar? Done, semua masalah yang muncul di Google Search Console terkait dengan SEO teratasi tidak ada lagi eror dan jumlah pengunjung blog mulai merangkak naik yang dari awalnya terjun bebas.

Itu sekilas pengalaman saya, so kembali ke bahasan selanjutnya

4. Terlihat Serius Dan Profesional

Jika kita saat berselancar di internet dan kita melihat ada blog yang menggunakan template gratisan yang kita tahu siapa pembuat template blog tersebut, pasti muncul sekilas di pikiran kita
"ini kan template dari merek ini yang lisensinya free" kira-kira begitu.

Dan ketika kita berkunjung ke sebuah blog atau website yang menggunakan template blog berbayar pasti kita akan berpikir
"Wah ini kan template berbayar yang merek itu, ini bloggernya serius ngeblog kayaknya karena dia beli template berbayar".

Begitupun dengan pemikiran pengunjung blog atau web kita saat pengunjung melihat template yang kita gunakan. Jika anda ingin terlihat serius dan profesional dalam ngeblog maka salah satu cara yang digunakan selain mengunakan domain berbayar adalah dengan membeli dan menggunakan template blog berbayar.

5. Fitur Dan Tampilan Yang Lebih Lengkap

Pengguna template blog premium akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap seperti misal
  • Pada versi berbayar layout bisa di seting atau di custom dengan mudah.
  • Credit (nama pembuat template blog) pada bagian bawah / footer pada versi template blog berbayar bisa dihilangkan dan dirubah menjadi nama blog atau web kita sendiri sedangkan pada versi gratis jika credit pada bagian bawah footer tersebut dihilangkan atau dirubah biasanya ketika template blog gratis tersebut kita pakai maka otomatis saat web atau blog diakses akan mengarah ke website si pembuat template.
  • Tampilan template blog berbayar lebih full atau lengkap sedangkan template blog gratis tampilannya terbatas misalnya seperti tidak ada slider, tidak ada featured post atau fitur tampilan lainnya.

Kesimpulan

Terlepas dari poin keunggulan, kelebihan, dan kekurangannya, mengenai sebaiknya menggunakan template blog gratis atau premium berbayar adalah kembali kepada keputusan anda.

Jika anda memutuskan untuk mendownload dan menggunakan template blog gratis maka selalu pastikan web atau blog anda tidak mendapat warning di Google Search Console sebab menurut saya berdasarkan pengalaman (koreksi jika saya salah), jika ada masalah di Google Search Console artinya bisa berdampak ke peringkat pencarian yang mengakibatkan turunnya jumlah pengunjung website atau blog anda.

Posting Komentar untuk "5 Keuntungan Membeli Dan Menggunakan Template Blog Berbayar Premium"